Sabtu, 11 Desember 2010

5 Cara Jalin Hubungan Baik dengan Pengasuh
Penulis : Arya
5 Cara Jalin Hubungan Baik dengan Pengasuh nytimes.com
MENYEWA pengasuh anak tampaknya sudah menjadi sebuah kebutuhan sebuah rumah tangga terutama bagi keluarga dengan ibu yang bekerja di luar rumah. Ketimbang tak dapat maksimal dalam mengasuh anak karena waktu yang tersita oleh banyak kesibukan, kita bisa menyewa jasa seorang yang akan membantu atau mendampingi kita dalam merawat si kecil.

Untuk itu, dalam merawat anak, ibu dan pengasuh tentunya harus bekerja sama dan menjalin hubungan serta komunikasi yang baik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memutuskan menyewa jasa pengasuh anak:

1. Definisikan tugasnya
Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pengasuh anak, Anda patut mengetahui apa yang sebenarnya Anda harapkan darinya. Anda bukannya akan menyewa jasa pembantu atau tukang kebun untuk menjaga rumah Anda, melainkan seseorang yang akan membantu merawat anak Anda. Itu tentunya merupakan peran yang sangat penting. Karena itu, saat mencari pengasuh anak, pilihlah sosok yang menurut Anda baik untuk berada di sekitar anak Anda dan tulus menjaganya.

2. Terbuka
Anda mungkin adalah seseorang yang terbilang resik dan disiplin sehingga tak suka anak Anda menonton televisi terlalu lama atau lebih suka menata baju sesuai dengan keinginan. Bila begitu, cobalah terbuka dan jujur kepada calon pengasuh anak sehingga Anda akan menemukan sosok yang sekiranya sepemahaman dengan Anda.

3. Anda membutuhkan dia
Faktanya tipikal perempuan pekerja bisa bekerja dengan baik bila didukung orang disekitarnya. Hubungan ibu dan pengasuh anak yang baik otomatis akan terjalin bila keduanya sadar bahwa mereka sebenarnya saling membutuhkan.

4. Tak apa bila anak lebih sayang pengasuh
Jangan sedih bila anak Anda lebih menyukai bermain dengan pengasuhnya. Perlu diingat, Anda dan pengasuh anak tetap memiliki peran yang berbeda bagi anak. Prioritas Anda adalah sebagai orang tua, sedangkan sang pengasuh memang dibayar untuk bermain bersama anak. Maka itu, jangan merasa terancam dengan keberadaanya. Tanpa Anda sadari, anak akan tetap menyayangi Anda sebagi orang tuanya.

5. Siapkan bujet
Sebelum memutuskan menyewa jasa pengasuh anak, Anda juga mesti menyiapkan bujetnya. Dan, jangan berharap mendapatkan sosok yang sempurna seperti berpengalaman atau berpendidikan. Coba pilih pengasuh yang sesuai dengan kebutuhan, harapan, dan dana yang ada. (Pri/OL-06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar